Penyebarluasan Ronggeng Bugis

Tari Ronggeng Bugis dikatakan eksis atau keberadaannya tetap diakui oleh masyarakat maka salah satu caranya dengan menyebarluaskan tari Ronggeng Bugis ke berbagai tempat agar dikenal oleh masyarakat Cirebon khsususnya mulai dari kalangan seniman, krkitikus seni maupun masyarkat biasa pada umumnya.

Penyebarluasan tari Ronggeng Bugis di Sanggar Chandrawulan yaitu dengan cara mengajarkannya di sanggar tetapi hanya pada anak-anak yang meminta untuk belajar tari Ronggeng Bugis. Kemudian selain mengajarkan di sanggar, para penari tari Ronggeng Bugis juga menjadi pelatih eksrakurikuler (eskul) di Sekolah. Beberapa sekolah yang mempelajari tari Ronggeng Bugis ialah SMKN 1 Kedawung, SMA 1 Sumber, SMK N 1 Mundu, dan MAN 1 Cirebon.

sehingga dengan cara penyebarluasan ini maka tari Ronggeng Bugis dikenal oleh anak-anak atau siswa sekolah.

Tari Ronggeng Bugis disebarluaskan tidak hanya melalui sekolah-sekolah melainkan sudah masuk dan dijadikan materi pembelajran dikalangan kampus seni yang ada di Jawa Barat yaitu di Kampus Universitas Pasundan Bandung. Tari Ronggeng Bugis di Sanggar Pringgadhing milik bapak Handoyo (alm) juga dijadikan obyek penelitian bagi penelitian mahasiswa atau dosen Perguruan Tinggi Seni maupun keguruan. Selain itu sebagai wujud pelestarian, inovatif dan transformasi tari tradisional Cirebon dan sebagai upaya mempertahankan eksistensi tari Ronggeng Bugis.


Tempat Pertunjukan Tari Ronggeng Bugis

Tempat pertunjukan tari Ronggeng Bugis biasanya disebut dengan nama halaran atau pawai yang biasa ditampilkan di jalan raya atau tempat umum dan di panggung terbuka seperti yang ada di Gua Sunyaragi Cirebon. Namun setelah diakui sebagai tarian tradisi Cirebon dan hidup di dalam keraton, berkat bapak Handoyo (alm) akhirnya tari Ronggeng Bugis diangkat menjadi tari pertunjukan di atas panggung dengan kemasan gerak dan busana yang artistik.

Panggung pertunjukan yang biasa digunakan untuk pementasan tari Ronggeng Bugis berbentuk panggung terbuka. Pangugung (pentas) terbuka berarti panggung berada di udara terbuka. Biasanya tidak ada batasan atau jarak antara penari dan penonton jika dipentaskan secara halaran, dan dapat pula diadakan disebuah panggung yang tinggi atau landai dimana penonton berada di bawah atau di depan tempat tersebut. Seperti beberapa gambar di bawah ini yang menjadi tempat pertunjukan tari Ronggeng Bugis.

0 komentar:

Posting Komentar